blogInfo

Ubah Gaya Konser Kamu Supaya tidak Membosankan

Diposkan

Penataan proyektor untuk konser sangat penting direncanakan dengan matang. Dengan demikian, konser bisa berjalan dengan lancar dan memberikan kepuasan bagi siapa saja yang menikmatinya. Penempatan proyektor yang tepat, tentu akan mendukung tampilan konser menjadi lebih inovatif dan lebih menarik.

Untuk keperluan konser sendiri, proyektor dibutuhkan untuk menampilkan video sang pengisi acara maupun yang tampil, agar tampak lebih jelas dan bisa dinikmati dengan nyaman oleh penontonnya. 

Umumnya, konser diadakan di atas panggung dengan kapasitas penonton yang sangat banyak. Apabila penonton berada di paling belakang, maka ia tidak akan bisa melihat penampilan konser dengan jelas. Di situlah pentingnya peran proyektor dalam pagelaran konser yang sering dilangsungkan di berbagai tempat.

Tips Penataan Proyektor untuk Konser yang Kreatif dan Inovatif

Berikut ini beberapa tips dalam penataan proyektor untuk konser yang tidak monoton, dan lebih menyenangkan :

  • Menggunakan Proyektor Ultra Short Throw

Penggunaan proyektor dalam pelaksanaan suatu konser, akan sangat membantu mempercantik tampilan dekorasi panggung. Meskipun demikian, penataan proyektor harus dilakukan dengan rapi, sehingga keberadaannya tidak merusak tampilan panggung. 

Salah satu cara yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan proyektor yang telah dilengkapi kemampuan ultra short throw. Proyektor dengan kemampuan ultra show throw ini mampu memproyeksikan gambar hingga 100 Inch hanya dalam jarak beberapa cm saja dari layar. Dengan demikian, penggunaan proyektor akan nampak rapi dan tidak mengganggu performance penyanyi.

  • Menggunakan Proyektor Sebagai Show Laser

Proyektor juga dapat digunakan sebagai show laser, sehingga tampilan konser akan menjadi ramai oleh lampu sorot yang berwarna. Untuk menggunakannya, diperlukan aplikasi tambahan yang disebut dengan MusicBeam. Dengan aplikasi ini, proyektor akan menyorotkan lampu-lampu laser yang warna-warni sesuai dengan alunan musik yang diputar.

Agar tampilan lebih maksimal, diperlukan proyektor yang memiliki kualitas terbaik. Beberapa proyektor yang sangat mendukung untuk inovasi ini adalah proyektor dengan kemampuan brightness yang mencapai 10.000 lumens. Dengan demikian, sinar yang diproyeksikan akan nampak sangat terang dan jelas. Meskipun dilaksanakan di area yang cukup terang, dengan proyektor terbaik, sorot lampu juga akan menampilkan hasil terbaik pula.

  • Menerapkan Optical Camouflage

Efek jubah tak kasat mata atau optical camouflage merupakan salah satu cara untuk menciptakan ilusi tak kasat mata dengan proyeksi gambar. Hal ini bisa dilakukan dengan memproyeksikan gambar pada layar yang sangat reflektif. Dengan demikian, material akan menyatu dengan gambar pada layar. Tampilan panggung pada konser pun akan tampak lebih kreatif dan inovatif.

  • Menerapkan Video Mapping pada Panggung

Teknologi proyektor mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Penggunaan proyektor dalam berbagai konser telah mengalami berbagai inovasi, sehingga mampu mendukung performance para pengisi konser. Salah satu konsep terbaru dari pengembangan inovasi proyektor adalah video mapping.

Video Mapping

Video mapping merupakan salah satu metode dalam penggunaan proyektor sebagai pengatur tampilan suatu layar. Meskipun demikian, video mapping jauh berbeda dengan penggunaan proyektor pada umumnya. Dengan menggunakan video mapping, maka proyeksi visual bisa ditampilkan pada berbagai kondisi layar. Proyektor akan mampu diatur sesuai dengan sisi, ukuran layar, maupun jarak tembak yang sangat bervariasi. Didukung dengan adanya fitur ultra short throw, video mapping bisa semakin sempurna.

Dengan menggunakan video mapping, bagaimanapun kondisi layar bisa diatur dengan kreativitas pembuat layar. Bahkan bangunan dengan tiang-tiang penyangga pun dapat disetting menjadi layar konser yang sangat menarik. Saat ini konsep video mapping tengah menjadi pilihan utama dari pelaksanaan berbagai konser maupun acara besar. Konsep ini juga sering digunakan untuk memberikan pertunjukkan dengan layar berupa gedung yang besar dan menjulang tinggi.

Bagi kalian yang akan mendesain atau mendekorasi panggung untuk acara konser atau acara lainnya, kalian bisa menjadikan tips penataan proyektor untuk konser di atas sebagai salah satu referensi. Kalian juga bisa mengkombinasikan beberapa konsep, sehingga tampilan konser yang akan diselenggarakan menjadi lebih kreatif, inovatif, dan tentunya tidak membosankan bagi penontonnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *